Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Belajar Saham? Kenali Dahulu Daftar Istilah Berikut

Beberapa tahun terakhir, investasi tengah populer dan diminati masyarakat sebagai metode perencanaan kondisi finansial di hari tua. Pasalnya, cara tersebut memiliki prospek serta keuntungan besar. Maka tidak heran, jika sekarang banyak orang mulai tertarik belajar saham.

Istilah yang Harus Dipelajari Bagi Investor Saham Pemula

Tertarik untuk mulai berinvestasi?. Namun sebelum mulai terjun ke bidang ini penting bagi para investor pemula supaya belajar saham dari ilmu-ilmu dasar seperti mengenal istilah-istilah yang sering dipakai. Diantaranya seperti berikut ini:

1.  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

IHSG atau biasa dikenal dengan istilah IDX Composite adalah daftar harga dari keseluruhan jenis saham yang dipakai secara efektif dalam proses jual beli di Bursa Efek Indonesia (BEI). Nilai tersebut digunakan sebagai acuan atau patokan kenaikan atau penurunan pada pasar investasi.

2.  Dividen

Istilah ini tentunya sudah tidak asing lagi didengar, seperti diketahui dividen merupakan keuntungan perusahaan yang akan diberikan secara rata kepada para pemegang saham. Laba tersebut umumnya dibayarkan dengan dua bentuk yakni uang atau stock.

3.  Cum Date

Istilah cum date merupakan tanggal akhir bagi calon investor untuk membeli jenis saham tertentu. Apabila membeli sebelum batas periode tersebut, maka berhak mendapatkan keuntungan atau deviden dari perusahaan.

4.  Ex Date

Jika istilah sebelumnya menggambarkan batas akhir, beda halnya dengan ex date yang berarti hari pertama bagi investor tidak berhak menerima keuntungan dari perusahaan. Biasanya jadwal tanggal tersebut jatuh satu hari kerja setelah cum dividen.

5.  Portofolio Saham

Portofolio merupakan kumpulan aset dalam bentuk saham yang dimiliki oleh investor. Jika diperinci jenisnya pun beragam, mulai dari growth, income serta value. Dimana masing-masing tipe mempunya fokus target.

6.  Saham Blue Chip

Sebagai investor pemula, Anda harus memahami definisi blue chip. Istilah ini biasanya digunakan untuk menyebut saham-saham milik perusahaan besar atau papan atas yang memiliki pendapatan stabil serta jumlah liabilitas relatif kecil.

7.  Cut Loss

Istilah lain yang sering dipakai para investor yang harus dimengerti adalah cut loss. Seperti namanya, kata tersebut menggambarkan proses penjualan saham dengan tujuan untuk menghindari kerugian lebih besar karena adanya perubahan harga di luar prediksi.

8.  Earning Per Share (EPS)

Earning Per Share merupakan proses untuk mengukur nominal laba bersih perusahaan. Dari angka EPS tersebut dapat diketahui besaran jumlah uang yang akan diterima oleh para investor berdasarkan per lembar kepemilikan saham.

9.  Capital Gain

Istilah lain yang sering muncul dan penting untuk diketahui adalah capital gain atau keuntungan modal. Kata tersebut berarti laba dari hasil penjualan saham. Besarannya dihitung dari selisih antara harga beli dan jual.

10. Capital Loss

Berbanding terbalik dengan istilah sebelumnya yang menggambarkan keuntungan. Kata capital loss ini berarti kerugian yang ditanggung oleh investor karena harga beli lebih mahal dari nilai jualnya pada suatu efek.

11. Bursa Efek

Bursa efek merupakan pihak penyelenggara atau penyedia sistem yang digunakan sebagai media untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli saham dalam sebuah transaksi perdagangan. Secara singkatnya BE ini seperti pasar atau tempat jual beli.

12. Fluktuasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) fluktuasi berarti perubahan harga saham, entah itu naik maupun turun yang terjadi secara cepat maupun lambat. Hal seperti ini umum terjadi dalam IHSG karena terdapat mekanisme dalam perdagangan.

Belajar Saham

Itulah ulasan singkat seputar beberapa istilah yang harus investor pemula ketahui dan pahami artinya. Semoga sekilas informasi ini dapat menjadi sumber referensi bagi masyarakat untuk belajar saham dari hal-hal dasar.  

Posting Komentar untuk "Mau Belajar Saham? Kenali Dahulu Daftar Istilah Berikut"